Memahami dan Cara Mengatasi Google Sandbox

 Google Sandbox
Pernahkah anda dengar dan tahu tentang Google Sandbox? Pengertian Google Sandbox atau sering kali disebut dengan Sandbox Effect adalah suatu keadaan dimana sebuah artikel blog atau website yang sebelumnya telah terindex atau terdeteksi oleh mesin pencari secara tiba-tiba menghilang dari Search Engine Result Page (SERP).  Dapat juga diartikan google sandbox sebagai hukuman atau penjara bagi sebuah halaman blog yang dianggap keluar dari jalur algoritma google.

Apakah anda pernah mengalami hal dimana sebuah artikel anda yang sebelumnya terindeks dan dapat dicari dimesin pencari, tiba-tiba saja hilang dan tidak dapat ditemukan. Padahal artikel tersebut merupakan artikel utama untuk mendatangkan pengunjung blog/website anda. Jika jawaban anda "Pernah" berarti artikel anda kemungkinan terkena Google Sandbox. Saya sendiri pernah mengalaminya. Ini membuat saya cukup frustasi, akibatnya pengunjung blog saya turun drastis.

Ada Beberapa hal yang menyebabkan blog terkena Google Sandbox antara lain :
  1. Melakukan Optimasi blog seperti SEO yang terlalu berlebihan
  2. Terlalu banyak ping yang di submit dalam sehari
  3. Terlalu banyak backlink yang masuk
  4. Artikel Copy Paste atau plagiat karena tidak ada sumbernya
  5. Terlalu banyak mengulang kata yang sama
Terus, bagaimana jika artikel atau blog anda terkena dampak dari google sandbox? pada postingan ini saya mencoba memberi saran cara mengatasi google sandbox
  1. Pastikan atau cek terlebih dahulu apakah artikel anda benar terkena sandbox. anda bisa mengeceknya di link ini searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm
  2. Buat Postingan Baru yang berhubungan dengan google sandbox. Uraikan kenapa artikel anda bisa masuk kedalam penjara google tersebut.
  3. Berikan link artikel blog anda yang terkena efek didalam artikel baru berkaitan google sandbox.
  4. Edit artikel yang terkena pinalti dengan menambahkan beberapa kalimat baru atau mengurangi kata yang mengandung banyak keyword-keyword tertentu.
  5. Submit artikel anda yang baru ke halaman Google Webmaster Tools agar artikel anda cepat terindeks oleh google.
  6. sabar dan berdoalah agar artikel yang terkena penjara google bisa cepat keluar dan kembali terindeks oleh mesin pencari.
  7. Ping artikel yang baru dan terkena penalti dan jangan berlebihan.
  8. Cek kembali url artikel yang terkena penalti pada link yang terdapat pada point.1
Demikianlah Artikel singkat saya mengenai Memahami dan Cara Mengatasi Google Sandbox semoga bermanfaat buat saya dan para blogger yang lain.
Previous
Next Post »

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di Blog Sederhana ini ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment