Blog, Blog dan Blog | Apa itu Blog?

Blog, Blog dan Blog | Apa itu Blog?
Blog, Blog dan Blog? Apa itu Blog? Apa enaknya sih ngeBlog? Mungkin pernah terlintas dipikiran anda pertanyaan demikian. Pertanyaan itu terlintas dipikiran sobat karena begitu banyak orang yang ngeblog, membicarakan tentang blog dan semua yang berkaitan dengan blog. sehingga sobat bertanya-tanya tentang itu. Nah, buat sobat yang belum menjadi seorang blogger, yang kebetulan mampir di blog saya, maka dipostingan kali ini, saya akan share sedikit hal-hal tentang blog berdasarkan pengalaman saya sendiri yang mungkin bisa menjawab pertanyaan yang berada dipikiran sobat tentang blog. Baiklah, saya akan mulai sedikit menjelaskan hal yang paling dasar yang sering dipertanyakan sobat semua, Apa itu Blog?  

Blog adalah singkatan dari weblog. Biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog bisa juga dikatakan catatan harian yang sifatnya online. Sebagian besar blog digunakan oleh seorang blogger untuk berbagi informasi, Tips ataupun hanya sekedar menulis pengalaman pribadi layaknya menulis di buku harian biasa (diary).

Berdasarkan fungsinya, blog dibagi dalam dua bagian yaitu :
  1. Blog Pribadi
    Merupakan jenis blog paling sering sobat jumpai yang berfungsi sebagai catatan atau buku harian seseorang yang ditulis secara online. Dan juga Blog ini biasanya berisikan konten atau tulisan tentang tips, trik tentang sesuatu hal/topik ataupun berbagi ilmu pengetahuan yang sengaja ditulis agar bisa dibaca orang banyak dan bermanfaat buat orang yang membacanya.
  2. Blog Usaha
    Merupakan jenis blog yang dibuat oleh seseorang ataupun perusahaan untuk sarana promosi suatu produk, menawarkan jasa ataupun membagikan informasi mengenai usaha yang dijalankan.
Sekarang mungkin sobat bertanya, Apa sih enaknya ngeBlog?

Buat saya pribadi setelah ngeblog, rasanya sih asik dan enak-enak saja. Dengan Blog, kita bisa menuliskan hal apapun yang kita suka dan kita mau dan kita bisa membagikannya ke semua orang. Misalnya, sobat suka menulis buku harian, kenapa tidak mencoba menulisnya didalam blog? jika sobat suka mengarang/menulis cerpen atau novel, kenapa tidak ditulis dalam blog? Dan jika sobat mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, kenapa sobat tidak membagikan ilmu sobat dengan menulis di blog? Dengan mempunyai blog dan menulisnya, sobat bisa saja jadi seorang yang terkenal di dunia maya dan jika beruntung tidak mentup kemungkinan sobat bisa menjadi penulis terkenal didunia nyata seperti seorang Raditya Dika , pasti kenal siapa dia kan? Buat saya sendiri, dengan ngeBlog, saya bisa belajar bagaimana menulis sebuah artikel dengan baik dan berkualitas serta enak dibaca buat orang lain.


Manfaat ngeBlog sih relatif, tergantung Anda menggunakan blog untuk apa? misalnya :
  1. Anda membuat blog untuk mempromosikan suatu usaha atau menjual suatu Produk, sudah tentu manfaatnya bisa mendatangkan pelanggan yang banyak dan usaha anda dikenal dengan cepat.
  2. Anda membuat blog untuk menulis catatan harian anda yang berisi pengalaman-pengalaman hidup, bisa saja orang yang membaca tulisan anda, terinspirasi atau termotivasi dari tulisan tentang pengalaman hidup anda.
  3. Anda membuat blog untuk menulis tentang ilmu pengetahuan dibidang tertentu, sudah pasti bermanfaat buat orang banyak kan? 
Jika dilihat selama ini, bukankah kita mencari suatu bacaan, Informasi, referensi, bahan-bahan untuk tugas ataupun mencari suatu tutorial, itu semua kita dapatkan dari sebuah blog seseorang? bayangkan jika tidak ada blogger yang menulis tentang sesuatu hal yang mungkin kita cari? pasti sulitkan jika hanya mencarinya didunia nyata? 

Berfikir Untuk ngeBlog?

Hidup akan Indah Bila Kita Saling Berbagi, meskipun hanya berbagi dalam bentuk tulisan ataupun Informasi . inilah yang menjadi motto dasar kenapa banyak orang memulai untuk ngeBlog. Terus, kenapa sobat tidak mencoba memulai, menulis dan menjadi seorang blogger? anda bisa memulai menulis dari hal-hal yang anda sukai, misalnya tentang kegiatan anda, Memperkenalkan objek Wisata alam yang mungkin belum banyak orang ketahui, tentang Kuliner dan lain-lain. Yang nantinya informasi yang anda berikan dicari oleh orang banyak. Dengan ngeBlog juga, hidup serasa bermakna karena tulisan anda. Motto Blogger juga ni, Hidup akan lebih bermakna, jika Tulisan anda Bermanfaat Buat Orang Lain. Bagaimana berminatkah anda untuk ngeBlog?

Dimanakah tempat membuat Blog?

Ada berbagai macam situs penyedia ataupun membuat blog secara gratis yang populer saat ini yaitu : Blogspot dan Wordpress. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekuranganya, namun dipostingan ini saya tidak akan membahasnya secara lengkap, karena akan terlalu panjang..:D

Ingin Memulai Membuat Blog?

Setelah membaca sedikit ulasan tentang Blog, mungkin ada diantara sobat yang tertarik untuk mencoba dunia blogging, Nah, buat sobat yang ingin Belajar Cara Membuat Blog, Silahkan berkunjung DISINI

Semoga artikel ini bermanfaat...Happy Blogging ^_^..
Previous
Next Post »

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di Blog Sederhana ini ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment